Lomba Menulis Cerpen ‘Pelangi Sheila on7’ (DL 20 Mei 2013)

Halo, semuanya! *melambai-lambai*

Setelah #TheScriptProject sudah diamankan di tangan desainer dan #AntologiBenci sudah dilemparkan kepada partner untuk seleksi tahap 2, aku punya ide lagi, nih. Maklum lagi liburan panjang.

Ada yang nggak tahu Sheila on 7? Dan, Jadikanlah Aku Pacarmu, Sephia, Melompat Lebih Tinggi, Kisah Klasik untuk Masa Depan, Pejantan Tangguh? Keterlaluan kalau sampai nggak tahu.

Mungkin memang band ini agak lebih akrab di telinga rekan-rekan seangkatan aku, ya; para kelahiran akhir 80-an awal 90-an – yang pada zaman mereka meluncurkan album pertama yang sampulnya ijo army, foto personilnya masih pada gondrong, dan ada lagu super galau berjudul Dan itu, kita masih pada duduk di bangku SD. (Dan, yang cewek-cewek, sibuk memperebutkan Mas Duta sang vokalis Jowo ngganteng.

Aku sudah jadi penggemar Sheila on 7 selama kurang lebih 13 tahunan, dari album pertama itu sampai sekarang. Punya semua kaset mereka, bahkan ada yang 1 album aku hapal semua liriknya, dan ikut sedih saat ada personil mereka yang keluar.

Aku yakin, banyak juga yang seperti aku. Dan, banyak juga di antara teman senasibku ini yang juga suka menulis! Maka dari itu, sebagai wujud kecintaanku pada Sheila on 7 dan dunia menulis, aku mengajak rekan-rekan sesama penulis amatir untuk ikut serta dalam sebuah proyek menulis antologi cerpen yang kupersembahkan untuk band favoritku sepanjang masa, Sheila on 7❤

Proyek ini kuberi titel #PelangiSO7.

#PelangiS07 adalah proyek menulis antologi cerpen yang terinspirasi oleh lagu-lagu Sheila on 7. Antologi cerpen ini dibuat dengan 2 alasan utama : sebagai love gift dari fans setia dan sekaligus menjadi kado sederhana untuk sweet 17th anniversary Sheila on 7 yang jatuh pada 6 Mei 2013.

Kenapa pelangi? Karena pelangi identik dengan sifat indah dan manis. Sweet. Seperti lagu-lagu Sheila on 7. Dan pelangi punya beraneka warna, seperti yang kuharap akan ada dalam antologi ini.

#PelangiSO7 akan terdiri dari 7 buah cerpen, di mana 1 cerpen akan kutulis sendiri dan 6 cerpen yang lainnya akan ditulis oleh kalian, para penulis amatir lainnya. Ketujuh cerpen ini kelak akan dibuat menjadi berbentuk e-book yang akan ku-upload somewhere dan bisa diunduh gratis oleh siapa saja yang ingin membaca. Lho, kok e-book? Kok, gratis??? Iya, pertama, supaya bisa bebas dinikmati oleh fans Sheila on 7 yang buanyaaak banget dan tersebar di seantero Indonesia plus ASEAN itu. Kedua, supaya link download-nya nanti bisa langsung diberikan ke Mas Duta, Mas Adam, Mas Eross, dan Mas Brian, Mosok mereka harus disuruh beli bukunya supaya bisa baca, hehe.

Nah, 6 tempat untuk 6 cerpen ini akan aku lombakan secara kecil-kecilan JBerikut ini konsep dan ketentuannya :

Cerpen harus ditulis oleh seorang (bukan duet, trio, dst.) penulis amatir. Amatir di sini artinya simpel : menulis bukan atau belum menjadi sebuah (atau salah satu) mata pencaharian buat kamu.

Pastikan kamu memang suka Sheila on 7 yaa, supaya kamu bisa menikmati ikutan proyek ini.

Cerpen harus terinspirasi oleh salah satu (tidak lebih dari satu) lagu Sheila on 7, boleh dari album mana saja. Inspirasi atau ide cerita ini TIDAK BOLEH SAMA dengan ide lagu yang kamu ambil. Caranya, kamu ambil potongan lirik yang menurutmu ‘jleb’ banget, lalu kembangkan menjadi tulisan dengan ide cerita yang baru. Soalnya, kalau idemu sama dengan lagunya, itu hanya akan menjadi copy paste ide dan bisa berurusan dengan hak cipta. Judul cerpen juga TIDAK BOLEH sama dengan judul lagu, dan tidak boleh mencantumkan nama Sheila on 7.

Cerpen yang diinginkan adalah yang bergenre sweet. Tidak melulu cinta lawan jenis. Juga tidak melulu roman. Tergantung inspirasi apa yang kamu dapet aja. Sad ending, happy ending, boleh aja. Mau dibikin komedi, scifi, apa juga boleh. Pokoknya yang manis, menyentuh hati, bikin yang baca klepek-klepek. Jadi jangan kirim cerpen horor, dark, tragis, dll. ya.

Nah, ini dia tantangannya. Cerpen harus mengandung PUISI sebagai bagian dari jalan ceritanya. Jadi bukan cuma sekadar ada, tapi memang puisi itu adalah bagian dari alur cerpenmu. Contoh cerpen seperti itu banyak kok; beberapa bisa lihat-lihat cerpen-cerpenku di blog ini.

Cerpen merupakan hasil karyamu sendiri, baik sebagian maupun seluruhnya. Cerpen TIDAK mencantumkan nama Sheila on 7 maupun lirik lagu mereka yang manapun. Apabila di kemudian hari timbul masalah yang berkaitan dengan hak cipta atau plagiarisme, seluruhnya menjadi tanggung jawab penulis bersangkutan.

Cerpen belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, baik cetak maupun elektronik. Termasuk blog atau notes di media sosial.

Cerpen ditulis menggunakan bahasa Indonesia. Perhatikan EYD, tanda baca, spasi, dll. Boleh menyisipkan bahasa asing, tapi secara umum tetap menggunakan bahasa Indonesia. Kalau bahasa asingnya selain bahasa Inggris, cantumkan terjemahannya di catatan kaki.

Cerpen ditulis menggunakan Ms. Word (file doc. atau docx.), 5-7 halaman kertas A4, font Arial 12, spasi 1.5, margin standar. 5-7 halaman ini belum termasuk lirik lagu + biodata yang akan aku jelaskan di poin berikutnya.

Di akhir cerpen, cantumkan potongan (bukan seluruhnya, ya, nanti panjang banget) lirik lagu yang menjadi inspirasimu + judulnya. Potongan lirik ini akan dimaksudkan sebagai kutipan, nanti akan aku atur penulisan di ebook-nya.

Masih di file Ms. Word yang sama dengan cerpenmu, cantumkan biodatamu dalam bentuk narasi maksimal 6 baris. Di dalamnya cantumkan akun Twitter dan blog (kalau ada) dan email (terutama kalau kamu nggak punya Twitter, untuk memudahkan komunikasi).

Namai file cerpenmu dengan format : Pelangi SO7 – judul – nama penulis

Kirimkan cerpen via email dalam bentuk attachment (bukan ditulis di bodi email atau dalam bentuk link download) ke putriwidisaraswati@gmail.com dengan subyek email : Pelangi SO7 – nama penulis.

Setelah mengirim email, konfirmasi via Twitter ke akun @siputriwidi ya. Sebutkan nama dan judulnya, nanti aku balas. Ini untuk menghindari ada naskah yang nyelip.

Satu orang penulis hanya boleh mengikutsertakan SATU cerpen.

Cerpen ditunggu hingga paling lambat 20 Mei 2013 pk. 24.00 WIB.

Aku usahakan pengumuman naskah terpilih selambat-lambatnya tanggal 26 Mei 2013

Kalau nanti ternyata naskah yang memenuhi syarat belum mencapai 6, aku akan memperpanjang deadline sesuai kebutuhan.

The last but not the least, 1 cerpen terbaik dari 6 cerpen yang terpilih akan mendapatkan hadiah salah satu dari dua buku tentang cinta ini (boleh pilih salah 1 ya) : Antologi Cinta dari @KlubBuku atau Setahun Berkisah terbitan @Bukune

Nah, ditunggu ya kiriman cerpen manis kalian😉

Regards,

Putri Widi Saraswati

4 thoughts on “Lomba Menulis Cerpen ‘Pelangi Sheila on7’ (DL 20 Mei 2013)

Silahkan komentarnya ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s