mata panda :(

mata panda

bangun tidur dan melihat ada si ‘mata panda’ yang menghiasi wajah itu sungguh sesuatu sekali. Nggak banget kan, keluar rumah dengan riasan mata panda yang mengganggu. penasaran dengan si ‘mata panda’ akhirnya lahirlah postingan ini.

mata panda atau lingkaran mata sering disebut lingkaran periorbital yakni lingkaran gelap berwarna hitam di bawah mata dan dengan mudah terlihat karena itu merupakan pembuluh darah yang bisa dilihat melalui kulit.

kebanyakan orang mengira lingkaran hitam ini disebabkan karena kecapekan atau kurang tidur, padahal ada faktor-faktor lain yang menyebabkan munculnya lingkaran hitam hitam ini. diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Alkohol

Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi yang menyebabkan kulit disekitar mata lemah dan tenggelam.

2. Terlalu banyak makeup

Seberapa sering Anda berias? Kemungkinan bisa setiap hari. Apakah Anda membersihkannya? Tidur tanpa menghapus riasan mata bisa mengiritasi mata dan menyebabkan cairan berkumpul yang menyebabkan mata bengkak.

3. Merokok

Apakah Anda seorang perokok (biasa atau pasif)? Merokok bisa melemahkan kolagen di bawah mata, menyebabkan kerutan dini dan kendur.

4. Paparan sinar matahari

Kebanyakan terkena sinar mata hari bisa menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak melanin sehingga terjadi penggelapan kulit di bawah mata.

5. Hareditary

Lingkaran hitam bisa karena pigmen di area mata terlalu banyak. Ini umumnya terjadi pada orang keturunan Asia dan Afrika

6. Obat

Obat-obatan tertentu menyebabkan pembuluh darah membesar, sehingga menyebabkan kulit lebih gelap di bawah mata. Setipis apa pun kulit Anda, bisa membuat aliran darah terlihat dengan jelas.

7. Diet yang tidak seimbang

Para ahli percaya, kurangnya mineral seperti zat besi mengurangi pasokan oksigen yang dibutuhkan jaringan tubuh yang menjadi alasan mata menjadi bengkak.

8. Masalah kesehatan

Pada beberapa orang, tiroid atau masalah ginjal dapat menyebabkan penggelapan kulit di bawah mata.

9. Penuaan

Penyebab umum lainnya adalah usia karena bertambah tua, kulit kehilangan kolagen yang membuatnya menjadi tipis dan lebih lemah.

 

Untuk mengatasinya terdapat beberapa cara, yaitu :

  1. Pola Makan Gizi Seimbang
    Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi optimal, terutama untuk kesehatan kulit Anda. Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang diperkaya vitamin dan mineral penting untuk menunjang kesehatan kulit Anda.
  2. Istirahat Cukup
    Kurang tidur sering menjadi penyebab utama munculnya lingkaran gelap di bawah mata. Selain itu, kurang tidur juga bisa menjadi pemicu stres dan bad mood, yang pada akhirnya membuat wajah Anda tampak muram dan pucat. Tidurlah minimal 7 jam setiap malam agar kulit Anda senantiasa segar dan bebas dari lingkaran gelap.
  3. Gunakan Masker sebelum Tidur
    Sebelum tidur kenakan masker atau serum instan yang mengandung vitamin A, E, dan bio peptide yang merangsang tumbuhnya kolagen alami. Kolagen berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang dan lentur.
  4. Kenakan Kaca Mata Hitam
    Kenakan kaca mata hitam saat Anda berada di luar ruangan dengan paparan sinar UV terlalu lama. Kaca mata hitam berguna untuk mencegah iritasi dan melindungi mata agar tidak terpapar radiasi sinar UV.

sumber : healthliputan6.com, duniafitnes.com

Silahkan komentarnya ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s